1.03.2013

disain penelitian 2


Di dalam literatur yang dikemukakan oleh Fitriana (2011: 3) bahwa setiap bentuk pembelajaran baik pendekatan, metode maupun model mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pada model Numbered Heads Together mempunyai kelebihan sebagai berikut.
1.      Setiap anggota kelompok harus mengetahui dan memahami jawaban yang merupakan hasil diskusi dari pertanyaan yang diberikan oleh guru.
2.      Dalam pembelajaran dengan menggunakan model ini, setiap siswa mempunyai nomor yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
3.      Setiap siswa mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk menjawab pertanyaan dari guru.
4.      Siswa dituntut untuk bekerja sama dalam kelompok keciluntuk memecahkan berbagai masalah yang ada dalam pembelajaran maupun yang diberikan guru.
5.      Guru memperhatikan secara langsung proses kelompok yang terjadi dalam kelompok-kelompok belajar.
6.      Karena media diskusi kelompok yang disediakan guru maka semakin mudahnya siswa dalam mempelajari peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan materi suhu.
Adapun kelemahan pada model Numbered Heads Together adalah sebagai berikut.
1.      Diperlukan biaya yang cukup besar dalam pembuatan perangkat pembelajaran
2.      Apabila jumlah kelompok dalam kelas besar, guru akan mengalami kesulitan untuk membimbingtiap kelompok yang membutuhkan bimbingan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
3.      Siswa yang pandai dalam menyelesaaikan masalah memungkinkan tidak mau membantu temannya untuk menguasai sehingga teman lain yang kurang memiliki kemampuan bisa menyelesaikan beberapa masalah yang diberikan oleh guru.
Informasi yang disampaikan dapat berupa pengetahuan prosedural (yaitu pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu), atau pengetahuan deklaratif (yaitu pengetahuan dapat berupa fakta, konsep, prinsip atau generalisasi). Model ini dianggap sangat mendukung dengan media yang digunakan serta cocok untuk diterapkan pada pengembangan ranah kognitif siswa pada materi suhu.
Remediasi pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Heads Together yang dilakukan pada siswa kelas X MAS AL-MUSTAQIM Sungai Raya pada materi suhu. Alasan penelitian dilaksanakan di sekolah yang disebutkan, pada konsep dasar suhu kemampuan siswa masih tergolong rendah jika dibandingkan hasil belajar yang diharapkan oleh kesepakatan KKM sekolah.
Oleh karena itu, apa yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan mampu meremediasi sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran maupun masalah yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar: