5.03.2012


Memanusiakan manusia

Memanusiakan manusia merupakan proses dari pendidikan, tentang kehidupan manusia. Pendidikan tidak hanya terjadi atau dilakukan pada lembaga pendidikan formal, namun ada pula pendidikan non formal dan informal yang terjadi dalam keluarga. Ketiga bentuk pendidikan tersebut dapat membentuk kepribadian atau karakter pada seseorang. Memanusiakan manusia dapat menumbuhkan nilai-nilai perikemanusiaan dan membangun budi pekertiagar manusia menjadi lebih manusiawi. Memanusiakan manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya :
a.       Dengan cinta kasih
Perkembangan manusia terdiri atas 3 fase besar, yaitu anak-anak, dewasa dan tua. Dalam setiap fase, cinta kasih berkembang dalam proses yang berbeda-beda. Proses tersebut tergantung pada cinta kasih yang dimiliki oleh manusia, karena tiap manusia tidak dapat mkemberikan  cinta kasih yang sama besar atau banyaknya.
b.      Dengan keadilan
             Sebelun adanya hukum yang dibuat oleh manusia, hukum rimba telah berlaku . hukum ini berlaku seperti pada binatang, yaitu yang kuatlah yang menang. Hukum tersebut berlaku pada manusia dalam beberapa saat. Manusia kian hari makin manusiawi yang kemudian menciptakan hukum positif yang berguna dalam kehidupannya yang kemudian disebut dengan hukum atau aturan yang berdasarkan  a rule by law. Hukum tersebut berlaku pada semua orang dan tidak terkecuali.
Dalam hukum tuntutan keadilan keadilan mempunyai dua arti, yaitu :
  1. Dalam arti formal, hukum tidak mengenal pengecualian. Semua orang ada dalam posisi yang sama pada kedudukannya.
  2. Dalam arti material, yaitu keadilan dalam arti materi. Adil disini adalah adil yang dianggap oleh masyarakat, jadi tidak hany sekedar adil dalam arti formal saja.
Dalam suatu masyarakat Indonesia yang tradisional ada hukum yang tidak tertulis namun ditaati oleh masyarakat tersebut, hukum ini disebut dengan hukum adat. 
c.       Dengan penderitaan
Dengan penderitaan yang dialami oleh manusia, manusia akan mencari cara agar dia dapat mersakan bahagia, maka orang tersebut akan berusaha secara maksimal untuk mencapai kebahagiaan yang ia inginkan.


Tidak ada komentar: