3.28.2012

KETERAMPILAN MEMMBERIKAN PENGUATAN


       I. Rasional
Respon terhadap tingkah lakuyang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya  tingkah laku “tersebut”.

    II.Prinsip Penggunaan
Ø  Hangat dan antusias
Ø  Kebermaknaan
Menghindari penggunaan respon yang negative (teguran yang berupa hinaan).

 III.Cara Penggunaan
Ø  Penguatan pada pribadi tertentu
Jelas dan tertujukepada sasaran, sambil menunjukkan sikap yang hangat dan antusias.
Ø  Penguatan kepada kelompok siswa
Contoh : Bapak sangat senang kalian telah menyelesaikan tugas ini dengan baik.
Ø  Pemberian penguatan dengan segera
Ø  Variasi dalam penggunaan.
(kadang-kadang gunakan kata bagus, tangan jempol dsb).

 IV.Komponen
A.    Penguatan Verbal
Seperti kata pujian, dukungan, pengakuan yang digunakan untuk menguatkan tingkah laku siswa berupa balikan atau informasi kepada siswa mengenai penampilannya.

Penguatan verbal dapat dinyatakan dalam dua bentuk yaitu :
  1. Kata-kata : ya, benar, bagus sekali, betul.
  2. Kalimat : pekerjaanmu baik sekali dsb.



B.     Penguatan Non Verbal
  1. Penguatan berupa mimic dan gerakan badan seperti, senyuman, tangan ibu jari, tepukan tangan.
  2. Penguatan dengan cara mendekati (proximity) yaitu mendekatnya guru kepada siswa.

Dapat dilakukan seperti :
Ø  Berdiri disamping siswa
Ø  Berjalan menuju kearah siswa
Ø  Duduk dekat seseorang atau orang lain.

  1. Penguatan dengan sentuhan
Seperti menepuk bahu siswa dsb.
  1. Kegiatan yang menyenangkan
Kalau selesai mengerjakan tugas ini anda dapat mengikuti kegiatan refresing.
  1. Penguatan berupa simbolik/benda
Seperti :
Ø  Memberi komentar pada tugas, atau buku catatan siswa
Ø  Pemberian bintang pelastik dsb.
  1. Penguatan tak penuh
Seperti : Ya !! jawabanmu sudah baik tetapi perlu disempurnakan.
Coba yang lain.

Tidak ada komentar: