3.20.2012

gelombang pada tali


Gelombang adalah suatu gangguan yang menjalar dalam suatu medium. Harus dibedakan antara gerak gelombang (gangguan) yang biasa disebut sebagai perjalanan gangguan dan gerak medium. Dalam gerak gelombang, biasanya medium hanya bergerak sedikit akan tetapi gelombangnya dapat menjalar jauh. Pada dasarnya pernyataan di atas hanya berlaku untuk gelombang mekanik.
Berdasarkan ampiltudo gelombang dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
1.      Gelombang berjalan, yaitu gelombnag yang amplitudonya tetap disetiap titik yang dilalui gelombang misalnya gelombang yang merambat pada tali yang sangat panjang.
2.      Gelombang stasioner (diam), yaitu gelombang yang amplitudonya berubah-ubah misalnya gelombang pada senar gitar.
Gelombang pantul mempunyai simpangan yang berlawanan dengan simpangan gelombang datang, atau dikatakan bahwa gelombang pantul mempunyai fase yang berlawanan dengan fase gelombang datang. Bagian tali yang terikat terikat pada tembok mempunyai simpangan. Akibatnya jika suatu pulsa gelombang sampai pada ujung terikat selalu nol. Bentuk pulsa selama berada di daerah ujung terikat ini dapat terbentuk.
Contoh gelombang berdiri adalah gelombang yang terjadi pada kawat yang digetarkan. Frekuensi gelombang yang terjadi adalah:
.................................................................(1.1)
Keterangan:     f    = frekuensi (Hz)
F   = gaya (N)
 = massa persatuan panjang tali (kg m-1)
 = panjang gelombang (m)

Tidak ada komentar: